Sifat abstrak publikasi ilmiah yang baik

Wednesday, July 11, 20120 comments


Bagaimana sih sifat sebuah abstrak yang baik?

Pemahaman tentang sifat sebuah abstrak yang baik diharapkan dapat membantu kita dalam membuah sebuah abstrak. Kita sebaiknya bisa selalu menilai abstrak yang dibuat itu, apakah sudah memiliki sifat-sifat yang baik atau belum?

Sebagaimana diketahui bahwa abstrak biasanya hanya terdiri dari sebuah paragraf. Perhatikan abstrak yang dimiliki oleh artikel-artikel yang diterbitkan dalam sebuah jurnak ilmiah bereputasi baik, umumnya abstrak tersebut hanya terdiri dari satu paragraf. Paragraf tunggal tersebut diharapkan memiliki sifat-sifat berikut:

Utuh (complete)

Sebuah abstrak yang baik seharusnya bersifat utuh (complete) dan bisa standalone (bisa berdiri sendiri). Utuh di sini berarti bahwa paragraf tersebut berisi semua komponen yang seharusnya ada dalam sebuah abstrak. Standalone artinya bahwa abstrak tersebut bisa memberikan pemahaman kepada pembaca tentang esensi isi artikel tanpa harus melihat artikel tersebut secara keseluruhan. Harap diingat bahwa abstrak adalah miniature tulisan ilmiah sehingga semua komponen penting artikel harus tercantum dalam abstrak.

Sarat makna (concise)

Sarat makna artinya kata dan kalimat yang digunakan dalam abstrak mempunyai makna yang padat, namun tetap akurat. Untuk menjelaskan sesuatu, gunakan kata dan kalimat sesingkat mungkin tanpa mengurangi makna ketika menggunakan kalimat yang panjang. Jadi, kalau kalimat yang panjang dan pendek itu sama maknanya maka kalimat yang lebih pendek itu adalah sarat makna.

Jelas (clear)

Abstrak juga harus jelas, baik dalam kata dan kalimat yang digunakan maupun dalam rangkaian kalimatnya untuk membentuk sebuah pemahaman. Alur informasi yang disampaikan oleh abstrak harus jelas sehingga sebuah abstrak memang harus punya organisasi yang baik.

Terangkai baik (cohesive)

Kalimat-kalimat yang menyusun sebuah abstrak harus terangkai dengan baik. Antara satu kalimat dan kalimat berikutnya, harus mengalir dengan baik. Jangan terkesan melompat atau patah. Gunakan kata sambung bila perlu. Tujuannya tidak lain agar keterbacaan (readability) abstrak tersebut tinggi.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tips and Tutorials - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger